UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATERI SEGI EMPAT MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT)

ANTONIUS, SEKE (2023) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATERI SEGI EMPAT MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT). Skripsi thesis, UNIVERSITAS FLORES.

[img] Text (COVER)
1. KOVER DLL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
6. BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
7. LAMPIRAN LENGKAP KEN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SEGI EMPAT MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) ANTONIUS SEKE Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Flores 2023. Pembimbing I: Ariswan Usman Aji S.Pd.,M.Pd dan pembimbing II: Hilaria Melania Mbagho, S.Pd.,M.Pd kendseke07@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa materi segi empat menggunakan Pembelajaran kooperatif tipe Team games tournament (TGT). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMPK Wawonato dengan jumlah 20 siswa yang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Data minat belajar siswa pada pembelajaran matematika diperoleh dari hasil lembar angket pra siklus, siklus I dan siklus II yang diisi oleh siswa. Sedangkan data hasil belajar dapat dari hasil pra siklus evaluasi akhir pembelajran dan post test tiap siklus. Hasil yang dicapai setelah pelaksanaan tindakan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT selama dua siklus adalah: a) meningkatnya minat belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya presentase rata-rata minat belajar siswa, yaitu pra siklus sebesar 65,71% (kategori rendah), menigkat menjadi 72,21% (karegori sedang) pada siklus I dan 81,5% (kategori tinggi) pada siklus II. b) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hai ini dapat dilihat dari presentase hasil belajar siswa. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 12 orang siswa dari 20 orang siswa atau 40%, dan pada siklus II dari 20 orang siswa yang memperoleh nilai diatas 75 dan dinyatakan tuntas sebanyak 17 siswa dengan presentase 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada Segi Empat. Kata Kunci: Team Games Tournament (TGT), Minat Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Team Games Tournament (TGT), Minat Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus takaan uniflor
Date Deposited: 09 May 2023 06:08
Last Modified: 09 May 2023 06:08
URI: http://180.250.177.156/id/eprint/2362

Actions (login required)

View Item View Item