NUR SORAYA, MAHARANI (2025) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDK ENDE 3. Skripsi thesis, UNIVERSITAS FLORES.
![]() |
Text (COVER)
1. COVER & ABSTRAK.pdf Download (584kB) |
![]() |
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (24kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB II)
3. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
4. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (69kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
6. BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) | Request a copy |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
7. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDK ENDE 3 NUR SORAYA MAHARANI Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan,Universitas Flores,2024 ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar peserta didik yaitu kurangnya kemampuan konsentrasi ketika menerima pembelajaran dari guru dan rasa malas belajar yang tinggi.Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap motivasi belajar peserta didik, Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan sampel peserta didik kelas V SDK Ende 3. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang dilakukan pada penelitian inferensia (pengujian hipotesis). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner, observasi dan dokumentasi. Pada tabel model summary diperoleh nilai koefisien determinasi digunakan untuk melihat besarnya pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V SDK Ende 3. Berdasarkan perhitungan dengan bantuan program komputasi SPSS for Windows release 24 diperoleh nilai koefisien determinasi simultan (R2) adjusted R square sebesar 0,273, dengan demikian menunjukkan bahwa Penggunaan Gadget mempengaruhi Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V SDK Ende 3 sebesar 27,3% dan sisanya 72,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diperhitungkan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Penggunaan Gadget mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V SDK Ende 3. Hal tersebut terlihat dari koefisien determinasi parsial (R2) yang didapatkan dari perhitungan yaitu sebanyak 27,3% dan sebagiannya dipengaruhi oleh faktor lain yaitu sebanyak 72,7% yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa variable (x) Penggunaan Gadget berpengaruh terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V SDK Ende 3. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan analisis Regresi Sederhana untuk mencari pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V SDK Ende 3 diperoleh koefisien korelasi (R) 0,298 yang menyatakan bahwa indeks korelasi (r) Penggunaan Gadget terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V SDK Ende 3 adalah cukup dengan pengaruh sebesar 0,298 atau 29,8 %.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Gadget, Motivasi Belajar, Peserta Didik. |
Subjects: | L Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | perpus takaan uniflor |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 04:01 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 04:01 |
URI: | http://180.250.177.156/id/eprint/3758 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |